4/1/09

Bahasa walikan (bolak-balik kata)

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online


Pernah mendengar kata dagadu? Mungkin selama ini kita mengenalnya sebagai sebuah perusahaan penghasil kaos dan merchandise unik yang berasal dari Jogja. Dagadu sebenarnya artinya adalah matamu (Indonesia), your eyes ( Inggris) ainuka (Arab). Makanya tidak aneh kalau mereka punya majelis pengajian yang bernama ainukum (matamu/kalian). Tapi di sini kita bukan membahas tentang mereka, lho!  Kita hanya membahas nama mereka: dagadu kenapa bisa berarti matamu? Dari bahasa mana sih?
 Nah, bagi teman-teman yang sudah tahu silakan lewat saja, saya cuma ngasih tahu yang belum tahu (he..8X). Jadi itu merupakan bahasa jawa walikan, bahasa jawa yang dibalik. Caranya gimana?
Caranya menggunakan aksara jawa. Tetapi untukmemudahkannya, di sini hanya kita tulis transliterasinya saja.Berikut transliterasi aksara jawa: 
HA    NA    CA    RA    KA
DA    TA    SA    WA   LA
PA    DHA  JA     YA    NYA
MA   GA    BA    THA  NGA
 Cara menggunakan bahasa walikan ini adalah dengan membalik katanya. Yaitu, semua huruf yang ada di baris pertama akan diganti baris ketiga, baris kedua akan diganti baris keempat. Gimana Bingung???
 Baiklah, kita langsung praktik saja.
Misalkan kata matamu, yang dibahas di awal.
Kata itu terdiri dari huruf MA- TA- MU.
Huruf MA, terletak di baris ke empat, berarti diganti dengan baris kedua pada posisi yang sama menjadi DA. Huruf TA (baris 2) diganti dengan GA (baris 4) MU (baris 4) diganti DU(baris 4), karena vokalnya ‘u’ maka juga diganti U. Sehingga jika hasilnya disatukan akan menjadi DAGADU. Itulah asal muasal kata matamu.
Untuk jelasnya lihat table berikut:
Aksara asal
Baris asal
Aksara pengganti
Baris Pengganti
MA
4
DA
2
TA
2
GA
4
MU
4
DU
2
 Selain kata-kata itu, mungkin ada juga yang sering bingung mengetahui temannya yang bernama Agus dipanggil Patub. Tahu gitarisnya Letto kan? Namanya Agus tapi dipanggil Patub. Ini juga memakai bahasa walikan tersebut. Begini analisanya, dalam bahasa jawa, A direpresentasikan dengan huruf Ha (baris 1) diganti Pa(baris 3), Gu (baris 4) diganti TU (baris 2), lalu S (baris 2) diganti B (baris 4)
 Aksara asal
Baris asal
Aksara pengganti
Baris Pengganti
A
1
PA
3
GU
4
TU
2
S
2
B
4
Proses yang sama juga terjadi pada beberapa kata lain,
Asal kata
Bahasa Walikan
Mas
Dab
Cahe dewe
Jape methe
Pangan
Haladh
Lsp.

 Nah, sudah tahu kan? Sekarang Anda bisa mencoba membalik kata-kata atau nama-nama yang ada di sekitar kita menurut kaidah walikan ini. Selamat mencoba.

Silakan meninggalkan komentar Anda di sini
Emoticon Emoticon

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <!-- Melayang --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-1793065522891176" data-ad-slot="5011446128" data-ad-format="auto"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>