7/26/09

Tips Manajemen/Pengaturan Inbox Email Yahoo (Yahoomail)

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Jika kita mengikuti mailing list (milist), kemungkinan inbox yahoo kita akan cepat penuh. Apalagi jika kita tidak hanya mengikuti satu milist, tetapi banyak milist, dan semua milist itu adalah milist aktif. Milist aktif adalah milist yang anggotanya aktif untuk mengirim email ke milist atau untuk sekadar merespons email yang mereka terima. Hal ini juga akan lebih parah jika kita ikut situs social networking seperti Multiply, Facebook, friendster, twitter, dll. Maka bisa dibayangkan betapa cepat penuhnya inbox di email kita dan mungkin tidak jelas mana email yang memang benar-benar penting untuk kita dan email yang mungkin bisa kita baca lain kali.
Akibatnya tentusaja bisa sangat fatal, terutama bagi mereka yang sudah menggunakan email sebagai sarana komunikasi utama. Email yang benar-benar penting dan mendesak tidak kita ketahui gara-gara tertumpuk oleh email yang berasal dari milist, yang kadang isinya kurang penting dan tidak berhubungan dengan kita. Solusinya gampangnya mungkin kita bisa berhenti berlangganan dari milist itu. Tetapi ada kalanya kita memerlukan info-info dari milist itu. Nah kalau sudah seperti ini bagaimana solusinya? Tenang.. Di bawah ini akan saya kemukakan tips pengelolaan inbox (kotak masuk) pada email yahoo.
Cara simple untuk dapat tetap berlanggan milist tanpa harus memenuhi inbox utama kita adalah memanfaatkan filter yang ada pada yahoomail. Pada email saya, yang memenuhi inbox adalah email dari friendster, maka jika saya tidak ingin email seperti itu masuk ke inbox utama, tetapi saya tetap ingin menyimpannya, maka langkah-langkahnya seperti ini:
1. 1. Buka email, dan cari my folder. Kemudian klik “add”
Photobucket

2. 2. Rename nama folder dengan yang kita inginkan. Misalnya karena folder ini untuk menampung email-email dari friendster, maka saya namakan “friendster”
2
3. 3. Lihat ke bagian kanan atas “Option,” klik. Maka akan muncul seperti pada gambar ini. Pilih “mail Option.” 3
4. 4. Maka akan keluar gambar seperti ini. Pilih “filters” (A). Kemudian pilih “create or edit filters” (B).4
5. 5. Maka akan muncul seperti ini, klik “add.”5
6. 6. Maka akan muncul seperti berikut.
(A). Isi “filter name” sesuai dengan keinginan kita, tp karena tadi filter ini adalah untuk email-email dari friendster, maka saya beri nama “friendster.”
(B). Kemudian isilah criteria filter itu, di sini saya pilih “Subject” berisi “friendster”. Artinya, filter ini berlaku bagi email-email yang disubjectnya terdapat kata friendster. Anda bisa mengisi/memilih criteria lain, missal dari pengirimnya, atau dari yang lain. Tetapi disini cukuplah kita gunakan “subject” karena email dari friendster biasanya menyertakan kata “friendster” dalam subjectnya.
(C). pilihlah folder kemana email dengan criteria seperti itu akan dimasukkan. Dalam hal ini kita pilih “friendster”.
(D). Klik “add filter."
6
7. 7. Selamat, filter anda sudah jadi.7

Catatan: jika anda mengikuti banyak milist dan tergabung dalam berbagai situs jejaring, maka Anda bisa membuat banyak folder dan filter untuk masing-masing situs atau milist tersebut dan membiarkan email regular masuk ke inbox utama yahoo anda. Dengan demikian, anda tidak akan kesulitan mencari email-email dari kawan-kawan atau kolega Anda.
Selamat mencoba.. semoga bermanfaat.
Tutorial ini dapat didownload di sini

Silakan meninggalkan komentar Anda di sini
Emoticon Emoticon

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <!-- Melayang --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-1793065522891176" data-ad-slot="5011446128" data-ad-format="auto"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>