8/19/09

TIPS MENDAPATKAN BUKU GRATIS DARI PENERBIT

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Apakah Bisa dapat gratisan? Bagaimana caranya kita mendapatkan buku gratis dari penerbit?
Ya, tentu saja bisa. Jika Anda menjadi editor sebuah buku, maka anda bisa meminta hak anda selaku Editor buku yang bersangkutan. Atau kalau tidak, ikutilah lomba/ kuis yang diadakan penerbit bersangkutan yang biasanya berhadiah buku. Bahkan, ada pula cara yang paling tidak terduga, yaitu gratisan dari hadiah kawan.
Namun yang kita bahas di sini bukan kiat-kiat agar bisa diterima jadi editor atau mencari info gratisan, tapi cara yang lain lagi. Bagaimana caranya?
Saya hanya sekadar berbagi dengan kawan-kawan semua, karena kebetulan saya bekerja di penerbitan buku. Para penerbit biasanya mengalokasikan sejumlah buku untuk promosi. Buku promosi ini selain dibagikan ketika ada bedah buku sebagai doorprize, juga dikirimkan ke tokoh-tokoh yang relevan dan mempunyai massa banyak massa (misalnya ustadz, trainer, dll) dengan tujuan agar tatkala mereka menyampaikan materi di forum, mereka merekomendasikan buku-buku tersebut, atau mengambil materi dari buku tersebut, sehingga secara tidak langsung mereka telah mempromosikan buku yang bersangkutan.
Sasaran 'gratisan' ini bisa bermacam-macam orang, tergantung dari jenis bukunya atau jenis audience-nya. Bahkan tidak jarang para blogger dikirimi gratisan buku/majalah karena yang bersangkutan memang ahli dalam bidang tersebut. Sebagai contoh bisa kita sebut Mas Eko (maseko.com) yang sering mendapat majalah PC Media gratis dikarenakan bahasan-bahasan blognya yang terkait dengan majalah tersebut. Atau sebut juga Romi Satria Wahono yang juga sering mendapat buku-buku gratis.
Para penerbit memang tidak hanya memandang topik-topik yang mereka angkat dalam blog mereka, tetapi juga tingkat kunjungan ke blog yang bersangkutan. Dengan memberi gratisan, penerbit berharap blogger yang bersangkutan akan mereview buku/majalah tersebut, dan hal tersebut akan menguntungkan penerbit seiring dengan banyaknya pengunjung yang tertarik dan membeli produk yang direview. Di sini ada simbiosis mutualisme, kedua pihak diuntungkan.
Jika Anda bukan blogger seperti mereka, jangan khawatir Anda tetap bisa mendapatkan peluang buku gratis tersebut. Bagaimana caranya? Seperti saya ungkap di depan, ada jatah promosi bagi orang-orang tertentu. Salah satunya adalah resentor (orang yang meresensi). Caranya adalah mengirimkan resensi ke media massa. "Ah... apa iya?" Mungkin Anda bertanya demikian. "Iya," jawab saya. Tapi bukan hanya asal meresensi saja. Resensilah buku dari penerbit tertentu di media massa (biasanya koran setingkat propinsi), kalau perlu dua buku. Kemudian kirimkanlah bukti resensi (potongan koran) yang telah dimuat di koran tersebut kepada penerbit yang bersangkutan. Mengapa kita harus memberikan bukti dulu? Ya, semua butuh bukti bukan janji. Penerbit akan lebih percaya jika Anda memberikan bukti. Jika nanti Anda di kirimi gratisan, maka jangan lupa meresensi buku berikutnya dan mengirimkan buktinya ke penerbit yang bersangkutan.
Sertakan surat pengantar yang intinya bahwa Anda bersedia meresensi buku-buku dari penerbit yang bersangkutan. Terutama buku-buku yang baru terbit. Jangan lupa sertakan alamat Anda dengan jelas. Jika beruntung, maka Anda akan mendapat kiriman buku gratis untuk diresensi.
Oya, satu lagi yang perlu menjadi catatan, carilah penerbit dengan skala sedang. Karena penerbit besar biasanya sudah punya resentor tetap.
Namun, yang paling penting dari ini semua adalah luruskan niat. Jangan sampai Anda meresensi hanay agar dapat buku gratisan, tapi niatkanlah bahwa anda meresensi adalah semata-mata karena Allah dan agar orang lain dapat mengambil pelajaran dari buku tersebut. Karenanya, hindari meresensi buku-buku yang menyudutkan Islam, kecuali Anda meresensi untuk menentangnya.
Selamat Mencoba..! Semoga beruntung…!

2 komentar

mas, fontnya kok beda ya? sengaja?

Oh, ini postingan lama. Baiklah, saya edit. Terima kasih

Silakan meninggalkan komentar Anda di sini
Emoticon Emoticon

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <!-- Melayang --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-1793065522891176" data-ad-slot="5011446128" data-ad-format="auto"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>