6/25/12

Cara Membuat Website Undangan Pernikahan (1)

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Ini adalah postingan kedua dalam seri pembuatan undangan walimah/pernikahan online. Menyambung postingan saya terdahulu Sebuah pengantar: Cara Mudah dan Murah Membuat Website Undangan Walimah, dalam postingan kali ini akan saya sampaikan langkah-langkah untuk membuat undangan walimah/pernikahan berbasis internet dengan menggunakan web/blog. Perlu diingat bahwa di sini, kita tidak menggunakan layanan pembuatan wedding invitation yang banyak tersedia, karena kita ingin membuat situs yang lifetime. Artinya website ini harus bisa digunakan untuk blogging dan mendokumentasikan kisah hidup kita bahkan setelah bertahun-tahun menikah. Bagi yang masih bingung silakan membaca postingan saya sebelumnya di sini.

Sebelum memulai, biar ada gambaran, Temans bisa melihat contohnya di sini dan di sini.

Baiklah, tanpa berlama-lama, berikut ini adalah langkah-langkah yang diperlukan untuk membuat website/blog undangan walimah/pernikahan:

1. Membuat akun di gmail.com

Mengapa akun gmail? Apakah akun email yang lain tidak bisa? Karena kita akan menggunakan blogger.com sebagai platform website/blog kita (blogger dikelola oleh google), maka akun gmail adalah yang paling baik untuk digunakan, sebab ia bisa terintegrasi dengan layanan produk-produk lain yang dimiliki oleh google seperti google map, picasa, google docs, feedburner, dan lain-lain yang nantinya bisa dipadukan dengan blog kita .

2. Membuat blog di blogger.com.

  • Setelah memiliki akun gmail, Anda bisa langsung membuat blog. Ikuti langkah berikut:
  • Buka situs blogger.com dan masuk dengan username dan password gmail Anda, klik "Buat Blog".
  • Pada Langkah 1, masukkan judul dan alamat (URL) untuk blog Anda. Ketik huruf di kotak verifikasi kata untuk membuktikan bahwa Anda benar-benar manusia, lalu klik "Lanjutkan". 
  • Pada Langkah 2, Anda dapat memilih template blog; nantinya, inilah tampilan blog untuk pembaca Anda. Setelah selesai klik "Lanjutkan". 
  • Blog sudah jadi, dan Anda sudah bisa mengeposkan artikel. 


Jika masih bingung, silakan merujuk ke halaman dukungan google: http://support.google.com/blogger/bin/answer.py?hl=id&answer=175250

3. Mulai Memposting.

Bagaimana cara memposting? Silakan login ke blogger.com dan klik "entri baru" lalu masukkan tulisan dan judul, lalu terbitkan. Namun, untuk beberapa poin yang saya sebutkan di bawah ini, lebih baik jika diposting melalui halaman (tapi bisa pula diposting melalui blog entri). Caranya adalah dengan menambahkan halaman. Masuk ke dasbor, kemudian klik edit entri, maka akan muncul entri-entri. Klik tab edit laman yang ada di sebelah edit entri.

Apa yang perlu diposting? Tidak usah bingung, berikut ini adalah hal-hal yang perlu ada dalam sebuah blog pernikahan:

  • Akad Nikah (Kapan dan di mana akad nikah dilangsungkan) 
  • Walimatul 'Ursy/Resepsi (Kapan dan di mana walimah/resepsi diselenggarakan. Poin a dan b bisa dimuat dalam halaman yang sama atau bisa dibuatkan halaman sendiri-sendiri)
  • Denah Menuju Lokasi (Seperti undangan fisik pada umumnya, undangan online juga harus menyediakan denah menuju lokasi resepsi/walimah. Bahkkan jika memungkinkan bisa sekalian ditambahkan cara menjangkau tempat dimaksud jika menggunakan berbagai alternatif transportasi, misal jalur bus, kereta api, dan sebagainya. Jika memungkinkan dengan menyebutkan pula ongkos per item perjalanan untuk mengantisipasi bayar terlalu mahal dan sebagainya).
  • Buku tamu (Buku tamu disediakan bagi para tamu undangan untuk memberikan komentar, menanyakan rute, konfirmasi, atau sekadar memberikan ucapan selamat). Khusus untuk buku tamu, aktifkan fitur komentar dengan mengklik "post option" yang ada di bawah entri, pada komentar pembaca, pilih izinkan. 


Selain hal-hal di atas, bisa pula ditambahkan item-item berikut ini:

  • Hubungi kami (Ke nomor hp, email atau ke siapa tamu undangan harus berhubungan jika ada kesulitan)
  • Profil Mempelai (tidak harus, tetapi gambaran singkat tentang mempelai diperlukan untuk setidaknya mengenalkan "siapa" mempelai yang bersangkutan.)
  • Kisah Kami (Berisi kapan momen-momen penting yang dilalui oleh kedua mempelai, misalnya kapan ta'aruf, kapan khitbah, kapan menikah, dsb. Tidak harus, hanya jika dipandang perlu)


Sementara sampai di sini dulu pembahasan kita tentang pembuatan Website Undangan Pernikahan ini. Insya Allah masih ada tulisan selanjutnya yang berisi bagaimana mempercantik tampilan website serta menambahkan widget dan fitur menarik lainnya.

Salam...

Gambar dari sini

2 komentar

keren, jadi inspirasi nih,

malah saya kepikiran mau buat digital printing #udah kaya acaara tabligh akbar ahahah

he... bisa juga tuh, dibikin pamflet dan baliho juga :D

Silakan meninggalkan komentar Anda di sini
Emoticon Emoticon

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <!-- Melayang --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-1793065522891176" data-ad-slot="5011446128" data-ad-format="auto"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>