8/13/12

11 Poin Perbaikan Layanan Kereta Api Jarak Jauh

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online


Reformasi birokrasi dan perbaikan layanan yang dilakukan oleh PT KAI agaknya mulai memperlihatkan hasil meski di sana-sini masih tampak beberapa kekeurangan. Tapi setidaknya, perbaikan itu patut diapresiasi, khususnya saya sebagai pengguna moda transportasi kereta api. Nah berikut ini adalah 11 hal yang patut diketahui para calon pengguna kereta api, mungkin sudah pada tahu, tapi mungkin ada yang belum tahu.

1. Tidak ada tiket berdiri ----> terealisasi dengan baik. Meski pada KA kelas Bisnis dan Ekonomi banyak penumpang yang memiliki tiket (dapat jatah kursi) tapi memilih tidur di lantai (ngolong).

Gambar: http://www.kereta-api.co.id/



Efek negatifnya: kompetisi dalam mendapatkan tiket KA semakin tinggi.

2. Dilarang Merokok---> tidak boleh merokok di bagian mana pun dari kereta. Kalau melanggar akan diturunkan. Kesimpulannya, "Kalau mau merokok, ke laut aje!"
Gambar: http://www.kereta-api.co.id/

Realisasi: masih ditemukan aktivitas merokok di bordes. 

3. Sistem Check In, Pengantar dilarang masuk ke Peron---> masih sosialisasi, tetapi sudah mulai tertib.
Gambar: http://www.kereta-api.co.id/

4. Semua tiket (Eksekutif, Bisnis, Ekonomi AC dan Ekonomi) bisa dipesan H-90 ---> rencanakan perjalanan Anda jauh-jauh hari untuk menghindari kehabisan tiket. Tandai tanggal-tanggal merah dan cuti bersama serta perkirakan kapan tiket bisa mulai dibeli.

Gambar: Group FB Pejuang PJKA

5. Menyusul Tiket Eksekutif, Bisnis, dan Ekonomi AC, Tiket Ekonomi sekarang sudah bisa dipesan via Call Center 121, Alfamart, Pos, Indomaret, Citos ---> Ga perlu antre di stasiun kayak dulu. Hemat waktu, biaya dan tenaga. 

Gambar: FB Farid Ikhsan Asbani
Namun demikian, semua tergantung kesiapan agen yang bersangkutan. Boleh jadi di tempat X bisa, tetapi tidak di tempat Y. Yang jelas, secara teori sudah bisa dilakukan di agen mana saja tersebut di atas.

6. Mulai 3 Agustus 2012, Tiket KA Komersial bisa dibeli via internet di http://www.kereta-api.co.id

Gambar: http://www.kereta-api.co.id/
Saat ini masih sering error. Semoga ke depan bisa lebih baik lagi.

7. Mulai 1 September nama di tiket harus sesuai dengan identitas pemegang tiket ---> Sudah mulai diberlakukan secara parsial. Pengalaman saya, di pintu masuk cuma ditanya siapa namanya, setelah diketahui cocok dengan nama di tiket, tiket distempel: " NAMA SUDAH SESUAI KARTU IDENTITAS" Tetapi ke depan sepertinya akan diberlakukan dengan tertib. 
Gambar: Group FB Pejuang PJKA
8. Di Daops VI Jogja, ada 1 gerbong ekonomi AC yang dipasang di kereta Api Progo dan Bengawan, sementara bisa dipesan H-7 dengan harga 90.000 (Progo) dan 100.000 (Bengawan).---> Ke depan semoga bisa dipasang 2 gerbong.
Gambar: http://www.pt-inka.com

9. PT KAI memberlakukan batas bawah dan batas atas bagi tarif tiket KA komersial ---> Tarif batas bawah atas diberlakukan pada masa weekend/long weekend, tarif batas bawah pada hari biasa. Misal KA Senja Yogya (YK-PSE/PSE-YK) tarifnya Rp 130 ribu (Batas Bawah) - Rp 220 ribu (Batas Atas).

Gambar: http://optimicalnews.blogspot.com/
10. Nama yang tertera di tiket bisa diubah ---> pengubahan nama prosedurnya spt pembatalan tiket, bea 25% dr harga, paling lambat 1 jam sebelum keberangkatan di loket stasiun pemberangkatan, siapkan identitas diri calon penumpang yg akan berangkat.
Gambar: www.farikhsaba.web.id


11. Ikuti perkembangan info terbaru KAI via akun twitter @kai121---> kita bisa tanya ketersediaan tiket, info kereta, dll.

Gambar: www.farikhsaba.web.id



Silakan meninggalkan komentar Anda di sini
Emoticon Emoticon

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <!-- Melayang --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-1793065522891176" data-ad-slot="5011446128" data-ad-format="auto"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>