9/30/12

Kemudian Kalian Akan Benar-Benar Ditanya

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online



Pada suatu malam, Rasulullah Saw keluar menuju suatu tempat. Di perjalanan, beliau bertemu dengan Abu Bakar dan Umar, lalu beliau bertanya: “Apakah yang menyebabkan kalian keluar dari rumah kalian pada saat seperti ini?”
Mereka berdua menjawab: “Kami keluar karena lapar, wahai Rasulullah.”


Maka Rasulullah Saw bersabda: “Demi yang jiwaku berada di tangan-Nya sesungguhnya aku keluar dengan sesuatu yang menyebabkan kalian keluar dari rumah kalian berdua, marilah pergi bersamaku.”
Maka mereka pun bangkit pergi bersama Rasulullah Saw lalu mendatangi rumah seorang dari kaum Anshar, namun dia tidak berada di dalam rumahnya, lalu pada saat istrinya melihat kedatangan Nabi Saw bersama shahabatanya, dia berkata: “Selamat datang,” maka Rasulullah Saw berkata kepadanya: “Di manakah si fulan?”
“Dia pergi mencarikan kita air bersih,”Kata sang istri.

Tiba-tiba shahabat dari suku Anshar yang ditunggu-tunggu itu pun datang, dan melihat Rasulullah Saw dan kedua shahabat beliau sedang bertamu di rumahnya, lalu dia berkata: “Alhamdulillah, pada hari ini tidak seorang pun yang mendapatkan tamu yang lebih mulia dari tamuku.”

Perawi berkata: “Maka dia pun datang membawakan untuk mereka setangkai kurma yang di dalamnya terdapat kurma yang matang dan ada yang muda.”
Lalu shahabat Anshar tadi menawarkan: “Makanlah ini,” lalu tuan rumah itu mengambil pisau (untuk menyembelih kambing).

Maka Rasulullah Saw bersabda: “Berikanlah kita kambing yang sudah tidak diperah susunya.” Maka dia menyembelih kambing tersebut dan mereka pun makan dagingnya, kemudian mereka minum. Pada saat mereka sudah kenyang dan dahaga telah hilang, maka Rasulullah Saw berkata kepada Abu Bakar dan Umar r.a: “Demi yang jiwaku berada di tangan-Nya, kalian pasti akan ditanya tentang nikmat ini pada hari kiamat. Kalian keluar dari rumah kalian dalam keadaan lapar lalu setelahnya kalian tidak pulang kembali kecuali setelah mendapatkan nikmat ini”. 1

Saudaraku, betapa banyak nikmat yang kita terima setiap hari. Hitunglah, berapa nikmat yang kita terima semenjak kita bangun tidur hingga kita beranjak tidur lagi. Nikmat penglihatan, nikmat sehat, bisa merasakan nikmatnya mengecap makanan, bisa berjalan, dan lain sebagainya, yang kesemuanya itu jika dihitung-hitung barangkali tak akan mampu kita tuntaskan saking banyaknya.
Rasulullah Saw, dalam kisah di atas mengingatkan para shahabat (juga kita semua) bahwa semua nikmat yang kita terima setiap hari itu, pada hari kiamat nanti pasti akan ditanyakan: 

ثُمَّ لَتُسْأَلُنَّ يَوْمَئِذٍ عَنِ النَّعِيمِ


Kemudian kamu pasti akan ditanyai pada hari itu tentang kenikmatan (Q.s. At-Takatsur [102]: 7).
Yaitu akan ditanyai tentang kenikmatan yang diperoleh semasa di dunia, yaitu berupa kesehatan, waktu luang, keamanan, makanan, minuman dan nikmat-nikmat lainnya, dipergunakan untuk apakah kenikmatan itu?2

Dari Abi Barzah Al-Aslami r.a. bahwa Nabi Saw bersabda: "Tidak akan melangkah kedua kaki seorang hamba pada hari kiamat sehingga dia akan ditanya tentang umurnya pada apakah dia habiskan, tentang ilmunya apakah yang diperbuatnya dengan ilmu tersebut, tentang hartanya dari manakah dia dapatkan dan ke manakah disalurkan dan tentang badannya pada apakah dipergunakan?”3

Maka, selagi bisa, hisablah diri, evaluasilah diri ini, lalu pergunakanlah nikmat yang ada pada kita itu untuk beribadah kepada Allah Swt. Semoga Allah memudahkan kita untuk menjalankan ketaatan dan menghindarkan kita dari kemaksiyatan: Allahumma arinal haqqa haqqa warzuqnat tiba'ah, wa arinal bathila bathila warzuqnajtinabah—Ya Allah, tampakkan kepada kami yang baik itu baik, dan anugerahilah kami kekuatan untuk mengikutinya. Dan tampakkan kepada kami yang salah itu salah, dan anugerahi kami kekuatan untuk menjauhinya”.

1Diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Hurairah r.a. , Shahih Muslim: 3/1609 no: 2938
2Tafsir Jalalayn.
3Sunan Turmudzi: 4/612 no: 2416 dan dia berkata: hadits hasan shahih.

Gambar dari sini

Silakan meninggalkan komentar Anda di sini
Emoticon Emoticon

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <!-- Melayang --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-1793065522891176" data-ad-slot="5011446128" data-ad-format="auto"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>