10/10/12

Widget yang Dipasang di Blog ini

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Mungkin di antara sahabat ada yang bertanya, widget/hack blogger apa saja yang dipasang di blog ini? Nah, sebelum saya menjawab pertanyaan itu, izinkan saya memberitahukan bahwa blog ini adalah blog  yang menggunakan engine blogspot yang kemudian saya ganti domainnya menjadi web.id. Selain agar terlihat lebi personal juga karena harganya murah, yaitu 25.000 per tahun. Nah, kalau begitu, blog kawan-kawan yang menggunakan blogspot/blogger juga bisa dibikin seperti blog saya ini.

Tanpa panjang lebar lagi, berikut saya sampaikan widget yang ada di blog ini:

1. Recent Post dan Recent Comment pada Drop Down Menu

Recent Post dan Recent Comment di Menu
Khusus untuk widget ini sudah bawaan template yang saya pakai, tetapi jika sahabat ingin membuatnya, silakan langsung menuju link ini 

2. Author Box


Author box adalah profil singkat kita yang diletakkan di bawah posting. Silakan ikuti tutorial di sini untuk memasangnya.

3. Artikel Terkait


Artikel terkait yang ada di bawah posting ini dibuat dengan mengedit html template dan menambahkan css. Dimunculkan berdasarkan label yang sama. Silakan ikuti petunjuknya di sini untuk memasangnya. Atau jika dirasa sulit, sahabat bisa memakai widget link within yang lebih simpel pemasangannya. Tinggal masukkan alamat blog kita, pilih berapa artikel yang ingin diperlihatkan, pilih platform, dan klik get widget.

4. Form Komentar dengan Disqus 


Untuk memudahkan pengunjung berkomentar, saya memakai form komentar yang disediakan pihak ketiga, yakni disqus.com. Selain tampilannya yang bagus, widget ini juga memudahkan blogger lain  yang ingin berkomentar karena mereka bisa login menggunakan akun twitter, facebook, gmail, dan lain-lain. Selain itu, disqus juga mendukung SEO dan dapat disyncronize dengan sistem blogger. Kunjungi situs disqus.com untuk memasangnya.

5. Wibiya Bar


Wibiya bar adalah bar yang ada di bawah. Berguna untuk menampilkan artikel terbaru, dan gadget sosmed lainnya. tinggal disetting. Untuk memasangnya, silakan daftarkan blog di sini dan ikuti petunjuknya.

6. Update terbaru


Update artikel terbaru semacam news ticker ini diletakkan di bawah header/ dropdown menu. Cara pasangnya silakan lihat di sini.

7. Breadcrumb
Bagi yang ingin memasangnya, silakan ikuti tutorialnya di sini.

Nah, itu dia widget-widget yang saya pakai. sebenarnya masih ada beberapa widget lain, tapi hanya saya ambil dari widget yang disediakan blogger. Ada banyak widget ini, untuk memasangnya silakan buka dasbor, tata letak, tambah gadget, dan pilih widget yang diinginkan.

Oya, kalau ingin ganti tampilan/template, baca juga yang di sini: http://www.farikhsaba.web.id/2012/08/situs-terbaik-penyedia-template-untuk.html

Jika ada yang ingin bertanya atau berbagi, silakan sampaikan di komentar. Semoga bermanfaat :)


Update: 

8. Intensedetabate with Commentluv

Untuk widget form komentar, selain memakai disqus, kawan-kawan juga bisa memakai intensedebate. Selain tampilannya yang keren, dengan widget ini kawan-kawan bisa mengaktifkan commentluv yang menampilkan postingan terakhir si komentator.  Untuk memasangnya di blogger, silakan mengikuti tutorial di sini.


10 komentar

wah keren ... yg penting ga lama loadnya~
kalau postingan baru otomatis tampil di slide-ku itu gimana ya mbah?
sama bikin icon socmed sebaris gitu gimana mbah? *biar irit space :))

teruuus ... ini gimana bikin box komen bisa pakai nama gini? aku diprotes om priyo
kan pakai yg standar blogspot aja~ -__-

mantap infonya, sudah berhasil saya pasang nih :)
makasih ya

1. Kalau template bawaan yang dipakai Mbak Vera tidak mendukung automatic update di slidernya. kalau mau ganti baris ini dengan gambar, link dan excerp postingan yang diinginkan:
This is default featured slide 1 titleGo to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Caranya masuk ke dasbor> template> edit html. jangan lupa centang expand template widget. search aja "First Content". ganti konten 1-4 dengan postingan yang diinginkan.
kalau mau yang otomatis harus mengganti kode-kode itu, cuma saya belum tahu caranya. kalau memulai dari awal, silakan masuk ke sini: http://www.maskolis.com/2012/08/membuat-slider-image-otomatis-joss.html

2. bikin icon socmed sebaris maksudnya gimana ya?
3. Box comment seperti ini? ini pakai disqus. caranya sudah saya sampaikan di atas.

Veraveravera Puritama delete October 10, 2012 at 12:11 PM

1. Nuwun~
2. Itu lho ... seperti yg di sebelah kiri search-nya simbah~
kalau icon socmedku kan barengan tulisan 'get rss feed', be my friends on ...' dll.
Terus juga, kenapa itu 'home'ku kok banyak sekali ya? *template kopian :))
3. O iya ... nuwun~

tapi kok punya saya disqus nya ga muncul di menu bar komentar ya ? hm...

antara disqus dengan komentar yang muncul di menu bar itu hal berbeda, kawan. Silakan mengklik link di widget nomor 1 untuk memasang komentar di menu bar.

oh itu ternyata. Coba di sini: http://d-copy.blogspot.com/2012/10/uat-widget-profiles-social-media-di-blogger.html

trus untuk home, coba ke dasbor, tata letak. di bagian atas ada mungkin ada 2 widget sekaligus: laman dan daftar link. hapus saja lamannya.

siap, makasih mbah~

Silakan meninggalkan komentar Anda di sini
Emoticon Emoticon

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <!-- Melayang --> <ins class="adsbygoogle" style="display:block" data-ad-client="ca-pub-1793065522891176" data-ad-slot="5011446128" data-ad-format="auto"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>