Skip to main content

Tarbawi 287: Di Balik Kebiasaan Kita Memilih Kata

Tarbawi 287

Memilih kata itu adalah seni, rasa, dan sastra. Karena itu, pilihan kata seseorang dalam bicara, akan bisa mengangkat dan meninggikan kedudukannya. Dengan pilihan kata pula kita bisa menarik perhatian orang-orang di sekitar kita. Sehingga seorang bijak berkata, “kedudukan seseorang menjadi tinggi sesuai dengan pilihan katanya.”
Masing-masing kita memiliki pilihan kata dalam berbicara. Dan pilihan itu tentu tidak sekadar sesuatu yang biasa, sebab ia membawa pesan-pesan di baliknya. Kebiasaan kita memilih kata, ada hal-hal yang melatarinya. Bukan hanya itu, tetapi juga untuk mengingatkan kita betapa pilihan itu harus memiliki motivasi-motivasi yang baik dan bertanggung jawab. Ada bijak yang mengatakan, “Seseorang diukur dengan dua anggota tubuhnya yang kecil: hati dan lidahnya.”

Semoga keimanan kita lebih terjaga dengan pilihan kata, dan kita bisa lebih dalam sebuah persoalan sebelum mengambil sikap untuk bicara. Karena setiap kata ada pertanggungjawabannya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar