8 Rahasia Agar Domain My.Id dan Web.Id Diterima Google Adsense - Ruang Tunggu

5/30/20

8 Rahasia Agar Domain My.Id dan Web.Id Diterima Google Adsense

8 Rahasia Agar Domain My.Id dan Web.Id Lolos Adsense
8 Rahasia Agar Domain My.Id dan Web.Id Lolos Adsense


Rahasia Agar Domain My.Id dan Web.Id Lolos Adsense

Kali ini saya akan berbagi pengalaman sukses tentang bagaimana tips mendaftarkan blog saya dengan domain .my.id sebagai publisher adsense. Sebelumnya sempat mucul anggapan bahwa blog dengan domain ccTLD (country code level domain) Indonesia, khususnya domain yang beralamat .my.id dan .web.id tidak dapat didaftarkan dalam layanan google adsense.

Jika Anda menemukan berbagai situs dengan domain .my.id atau .web.id yang dapat menampilkan iklan dari google adsense, kemungkinan situs-situs tersebut sudah didaftarkan sebelum adanya peraturan baru yang mengharuskan dilakukan review situs sebelum memenuhi syaratuntuk menampilkan iklan adsense.



Dalam hal ini pun, situs yang sedang Anda kunjungi dan baca artikelnya ini pun (farikhsaba.web.id) juga menggunakan domain .web.id dan sudah menampilkan iklan adsense. Hal ini karena situs ini sudah diterima adsense sejak tahun 2012, jauh sebelum peraturan baru tersebut diterapkan. Situs saya yang lain yang beralamat di mediabelajar.my.id juga sudah lolos adsense tahun 2018.

Pada bulan februari 2020 kemarin saya membuat blog baru dan membelikan costum domain .my.id. Saya memilih domain .my.id karena harganya yang murah, yaitu sekitar 12 ribu rupiah saja per tahun. Barngkali harganya lebih murah dari biaya sekali makan minum dengan dengan lauk ayam dan minum teh manis. Saya ketika sudah ada 10 artikel, saya coba ajukan untuk google adsense, tetapi ditolak karena berbagai hal. Saya kemudian menambahkan beberapa artikel hingga mencapai 50-an artikel, kemudian mengajukan peninjauan kembali ke google adsense, tetapi masih saja ditolak. Dari awal pengajuan saya sudah ditolak 7 kali hingga akhirnya baru berhasil pada pengajuan ke delapan.

Tips Mendaftarkan Blog dengan Domain My.Id dan Web.Id Lolos Adsense

Apa saja yang saya lakukan agar berhasil diterima oleh adsense? berikut saya bagi beberapa tipsnya:

1. Lengkapi Elemen Halaman Wajib.

Demi kejelasan informasi dan seluk beluk situs/blog google mewajibkan para calon publisher adsense menambahkan halaman-halaman sebagai berikut:
-About Us /Tentang Kami
-Contact
-Disclaimer
-Privacy Policy
-Sitemap
Elemen Halaman Waji
Elemen Halaman Wajib

Jika blog/situs Anda belum memiliki halaman ini, silakan ditambahkan.

2. Lengkapi Navigasi di Blog.

Navigasi merupakan kunci yang memudahkan pengunjung untuk mengakses berbagai konten yang ada di blog kita. Oleh karena itu, sebisa mungkin dilengkapi selengkap-lengkapnya. Jika Anda menggunakan template yang biasanya sudah ada bawaan menu navigasi, usahakan untuk menyesuaikannya dengan blog kita.

Lengkapi Navigasi di Blog
Lengkapi Navigasi di Blog


3. Miliki Konten Dalam Jumlah yang Cukup dan Berkualitas.

Miliki konten dalam jumlah yang cukup dan berkualitas sebelum mengajukan blog/situs kita ke google adsense. Mengenai berapa jumlah ideal artikel yang sudah ada, ada banyak versi menurut pengalaman para blogger, tetapi minimal memiliki paling tidak 10 artikel. Namun, berdasarkan pengalaman saya, pengajuan saya baru diteima ketika sudah memiliki lebih dari 50 artikel.

Di samping itu, dari segi konten juga usahakan menarik. Panjang artikel ideal untuk posting adalah antara 300-500 kata. USahakan menyertakan gambar pada setiap posting artikel sehingga lebih menarik.

Jika Anda masih bingung mengisi blog dengan artikel seperti apa, Anda bisa memanfaatkan fitur google tren untuk mencari inspirasi. Caranya sebagai berikut yaitu silakan pergi ke alamat:

https://trends.google.co.id/trends/trendingsearches/daily?geo=ID

manfaatkan fitur google tren
manfaatkan fitur google tren


Anda akan menemukan penelusuran harian yang banyak dicari. Anda dapat memilih tema yang ada dalam tren pencarian tersebut yang sesuai dengan niche blog Anda, atau mengambil pembahasan topik dalam top list tersebut dari sudut pandang niche blog kita.

4. Tambahkan Property Blog dan Sitemap ke Google Search Console

Untuk menambahkan property blog, silakan pergi ke https://search.google.com/search-console.

Tambahkan Properti Blog
Tambahkan Properti Blog

Sign in menggunakan akun google kita, dan tambahkan property blog. Selengkapnya bisa dibaca di
sini https://support.google.com/webmasters/answer/34592?hl=id

Selanjutnya jangan lupa menambahkan sitemap. Silakan pergi ke alalamat berikut:
https://search.google.com/search-console/sitemaps

Menambahkan Peta Situs
Menambahkan Peta Situs

Untuk petunjuknya silakan baca di sini: https://support.google.com/webmasters/answer/7451001

5. Menggunakan Template yang Menarik

Ada banyak template yang tersedia di Internet , baik yang berbayar maupun gratis. Pada saat blog saya ditolak pengajuan adsense, saya selalu sempatkan mengganti template agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Karena salah satu alasan penolakan memang menyebutkan ada terlalu banyak slot iklan. Sehingga saya sarankan pada saat pengajuan adsense, hindari penggunaan template yang memiliki banyak slot iklan.

Mengenai template yang saya gunakan hingga akhirnya diterima adsense adalah template 10 Magz  dari Idntheme.com. Templatenya menurut saya ringan, menarik dan tidak terlalu banyak slot iklan.

Template 10 Magz 

6.Mengaktifkan Deskripsi Penelusuran

Selain melakukan hal-hal di atas, saya juga mengaktifkan deskripsi penelusuran blog, serta mengisi deskripsi penelusuran untuk setiap artikel yang diposting agar lebih mudah ditemukan di pencarian google sesuai keyword tertentu.

Aktifkan Deskripsi Penelusuran Blog
Aktifkan Deskripsi Penelusuran Blog

Isi Deskripsi Penelusuran Entri Postingan
Isi Deskripsi Penelusuran Entri Postingan


7.Menambahkan kode adsense ke blog di antara <head> dan </head>

Saya juga menambahkan kode adsense berikut ke blog di antara <head> dan </head>
Caranya, pertama masuk ke akun adsense kita, Klik Iklan > Ringkasan. Kemudian Klik dapatkan Kode.

Dapatkan Kode
Setelah itu, copy paste kode sesuai petunjuk.
menambahkan kode adsense berikut ke blog di antara <head> dan </head>
menambahkan kode adsense berikut ke blog di antara <head> dan </head>


8. Mengaktifkan iklan otomatis. 
Setelah menambahkan kode adsense di atas, saya juga tidak lupa mengaktifkan iklan otomatis.
Caranya masih di halaman yang sama pada langkah ke tujuh di atas, kemudian pilih alamat blog yang akan diaktifkan iklan otomatisnya.

Nah demikian rahasia pengalaman sukses tentang bagaimana tips mendaftarkan blog saya dengan domain .my.id sebagai publisher adsense. Saya berharap informasi ini berguna bagi Anda dan membuat blog Anda sukses mendaftarkan blog Anda ke Google Andsense. Terima kasih.



Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

Silakan meninggalkan komentar Anda di sini