Layanan Google URL Shortener Dihentikan

9:01 AM

Layanan Google URL Shortener Dihentikan
Google URL Shortener Dihentikan 

"Starting March 30, 2018, we will be turning down support for goo.gl URL shortener. From April 13, 2018 only existing users will be able to create short links on the goo.gl console. You will be able to view your analytics data and download your short link information in csv format for up to one year, until March 30, 2019, when we will discontinue goo.gl. Previously created links will continue to redirect to their intended destination. Please see this blog post for more details."

Jika Anda adalah pengguna layanan penyingkat url (URL Shortener) GOO.GL, maka Anda akan mendapatkan peringatan seperti di atas ketika membuka laman GOO.GL. Seperti diketahui, layanan Google URL Shortener telah ada sejak tahun 2009 dan telah banyak membantu orang lebih mudah membagi tautan (link) dan mengukur lalu lintas kunjungan. Hadirnya layanan Google URL Shortener juga telah memicu hadirnya layanan-layanan serupa dan telah mengubah cara orang untuk menemukan konten di internet.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Https untuk Blog Domain Khusus


Alasan Google menutup layanan penyingkat URL-nya adalah akan menggantikan layanan URL tersebut dengan aplikasi baru yaitu Firebase Dynamic Links (FDL). FDL digambarkan sebagai URL pintar yang mengizinkan kita mengirim pengguna ke lokasi di dalam aplikasi iOS, Android atau Aplikasi Web.


Mulai tanggal 30 Maret 2018, layanan URL Shortener akan dihentikan untuk pengguna anonim, dan mulai tanggal 13 April 2018, hanya pengguna yang sudah terdaftar sebelumnya yang bisa menggunakannya. Namun jangan khawatir, setelah 30 Maret 2019, bagi Anda yang memiliki URL singkat, URL tersebut  masih akan dapat diakses secara terus menerus.

Layanan Pengganti

Jika Anda masih ingin menggunakan layanan URL Shortener, maka google merekomendasikan layanan Bitly atau Ow.ly. Namun demikian, keputusannya tetap ada pada Anda.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Silakan meninggalkan komentar Anda di sini
EmoticonEmoticon