Apa Arti Gawai?
Apa Arti Gawai?

Apa Arti Gawai?

gawai, gadget. apa itu gawai, apa arti gawai, apa makna gawai, apakah gawai, gawai itu apa, gawai adalah, arti kata gawai

Ilustrasi: gawai
Ketika menyimak beberapa media daring (media online) akhir-akhir ini, saya menemukan penggunaan kata "gawai"yang semakin sering intensitasnya. Tidak hanya saya, barangkali sahabat juga menemui istilah "gawai" ini digunakan dalam bidang teknologi. Pertanyaannya, apa arti gawai itu sendiri?

Dari penelusuran istilah di KBBI, saya menemukan dua makna gawai. Pertama gawai (n) dimaknai kerja, pekerjaan. Makna inilah yang lebih sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Kedua, gawai (n) dimaknai sebagai alat; perkakas. Makna gawai sebagai alat/perkakas ini jarang digunakan dan umumnya digunakan dalam ragam kesusasraan Melayu Klasik.

Lantas makna gawai yang mana yang berhubungan dengan teknologi? Tentu saja makna gawai yang kedua, yaitu alat/perkakas, dan dipadankan dengan makna kata gadget dalam bahasa Inggris. Gadget bermakna kurang lebih a small device or machine with a particular purpose (alat kecil atau mesin yang mempunyai fungsi tertentu) (Merriam Webster dictionary). Dari deskripsi tersebut, dapat kita amati bahwa kata "gawai" layak untuk disepadankan maknanya dengan kata "gadget".

Wikipedia juga mendefinisikan Gawai (bahasa Inggris: gadget) sebagai suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis yang secara spesifik dirancang lebih canggih dibandingkan dengan teknologi yang diciptakan sebelumnya.

Menurut Wikipedia, perbedaan gawai dengan teknologi yang lainnya adalah unsur kebaruan berukuran lebih kecil. Sebagai contoh:
  • Komputer merupakan alat elektronik yang memiliki pembaruan berbentuk gawainya yaitu laptop/notebook/netbook.
  • Telepon rumah merupakan alat elektronik yang memiliki pembaruan berbentuk gawainya telepon seluler.
Nah, mengingat bahwa bahasa Indonesia sudah memiliki padanan kata untuk kata gadget, maka sudah saatnya untuk menggantinya dengan kata gawai. Aneh atau tidaknya suatu kata hanyalah masalah kebiasaan. Jadi semakin kita biasakan, kata tersebut akan semakin dapat diterima.

Referensi
http://www.merriam-webster.com/dictionary/gadget
https://id.wikipedia.org/wiki/Gawai
http://kbbi.web.id/gawai
http://kbbi.web.id/gawai-2


Gambar: https://pixabay.com/p-823613/?no_redirect
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.